Kesigapan Dinsos DKI: AtasI Permasalahan Lansia

Kesigapan Dinsos DKI: AtasI Permasalahan Lansia

Jakarta,  KABARINDO-Portal- Rilis yang dishare oleh Dinsos DKI Jakarta.

Fakta yang mengharu biru ingin temui anaknya, Toto jalan kaki dari Jagakarsa ke Pancoran

Pria lanjut usia bernama Toto (70) berencana ingin menemui anaknya di Pancoran, Jakarta Selatan. Ia nekat jalan kaki dari rumah yang ia tinggali di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Lantaran jalan kaki, Toto lelah hingga telantar selama tiga hari di jalanan.

Kemudian salah seorang warga melihat Toto di jalanan sekitar Pancoran dalam kondisi mengenaskan. Kepalanya terluka karena terjatuh di jalan. Warga pun segera membawanya ke Kantor Polisi Sektor Pancoran.

"Warga juga memberitahu Dinas Sosial melalui akun twitter. Setelah itu Petugas Dinas Sosial Kecamatan Jagakarsa dan P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan segera menjemput Bapak Toto," ujar Bambang Susilo staf Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan Jagakarsa saat dihubungi pada Minggu (18/3).

Pihaknya lansung menyebarluaskan informasi tentang penemuan lansia telantar asal Jagakarsa. Selang beberapa lama, ternyata ada yang mengenal Toto dan mengetahui alamat rumahnya.

Petugas kemudian menghubungi pihak keluarga Toto yang berada di Jagakarsa untuk memastikan kebenaran informasi kehilangan seorang lansia bernama Toto. Ketika dipastikan, ternyata Toto memang lansia yang sudah hilang selama tiga hari.

"Kami pun mengantar bapak Toto ke rumahnya. Karena akses tidak dapat dilalui kendaraan maka anggota mengambil alternatif lain dengan menggendongnya ke rumah," terang Bambang.

Bambang juga mengatakan, rumah yang Toto tinggali di Jagakarsa merupakan rumah anaknya. Ia juga punya anak lagi di Pancoran, anak itu lah yang ingin ia kunjungi.

"Menurut keterangan anaknya, ayahnya memang sudah pikun sehingga lupa dan maunya keluar mulu. Anaknya juga sudah mencari ke sana ke mari," ujar Bambang.

Pihak keluarga merasa bersyukur akhirnya Toto bisa kembali ke rumahnya. Petugas pun berpesan agar menjaga dan merawat Toto dengan baik sehingga kejadian kehilangan seperti ini tak terulang kembali.